Monday, May 2, 2011

Kentang dan Khasiatnya


Kentang (salamun tuberasum) adalah tanaman yang memiliki umbi yang dapat dimakan. Kentang sering dijadikan alternatif pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi, disamping juga mengandung vitamin C, thiamin, niacin, vitamin B6, vitamin B12, folat, pantothenic acid, choline, zat besi, magnesium, fosfor, potassium dan fiber (serat).


Kentang merupakan sumber antioksidan yang banyak memberikan manfaat kesehatan. Kentang adalah karbohidrat kompleks yang bisa membuat orang kenyang tanpa adanya bahaya diabetes. Makan kentang juga bisa bikin langsing. Kentang tidak mengandung sodium dan bebas kolesterol selama proses memasaknya sesuai, seperti direbus, dikukus dan dipanggang.
Penelitian yang dilakukan oleh Dr Burton - Freeman Britt, University of California dengan mempelajari 86 pria dan wanita yang memiliki berat badan berlebih, selama 12 minggu lebih untuk mengukur efek dari modifikasi diet indeks glikemik untuk mengurangi kalori dengan penambahan kentang.
Partisipan secara acak dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing harus melakukan diet yang mencakup 5-7 porsi kentang per minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga kelompok semuanya mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan.
Selain untuk diet, makan kentang yang direbus juga dianjurkan bagi penderita diabetes sebagai pengganti nasi, karena zat gula pada kentang lebih sedikit. Namun, ada hal yang harus diperhatikan disini, karena kentang juga mengandung glycemia yang cukup tinggi serta solanin yang dapat menaikkan insulin dan gula darah dengan cepat, maka sebaiknya kentang disimpan di lemari pendingin atau di tempat yang lembab untuk menurunkan reaksi solaninnya.  
Sedangkan untuk anda yang terserang anemia, dianjurkan untuk banyak memakan masakan dari olahan kentang agar darah cepat kembali normal.

Bukan hanya umbi kentang saja yang dapat dinikmati manfaatnya, kulit umbi kentang pun bisa digunakan untuk menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel yang akan mengarah pada sejumlah penyakit termasuk kanker. Sering mengkonsumsi sop kentang dapat bermanfaat bagi pengobatan asam urat, ginjal dan lambung.

No comments:

Post a Comment