Monday, May 2, 2011

Tidur dan Kesehatan

Tidur adalah keadaan istirahat alami pada manusia dan spesies lainnya yang sangat penting untuk kesehatan.

Selama kita tidur, tubuh mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru dan limbah serta uap kotor yang terjadi pun dibuang. Tidur mempengaruhi metabolisme tubuh dan merangsang daya asimilasi, itulah sebabnya jika tidur berlama-lama malah tidak sehat, karena tubuh kita menyerap / mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi, sehingga jika kita tidur kelamaan maka akibatnya kita bukannya menjadi segar bersemangat tetapi malah lemas. Selain itu, tidur yang baik juga bisa meningkatkan kreativitas, ketelitian dan kemampuan menata mental serta emosional tetap terjaga sepanjang hari.

Posisi tidur juga ikut mempengaruhi kualitas dari tidur itu sendiri. Tidur berbaring dengan posisi tengkurap sangat merugikan karena akan menimbulkan ketegangan pada otot-otot leher disamping juga dapat menekan jantung, paru-paru dan perut sehingga tidak praktis untuk pernafasan demikian juga halnya dengan posisi tidur menghadap kekiri, bisa menggangu kesehatan kita, karena menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan mengurangi pasokan darah ke otak, jika ini terjadi kita akan mengalami mimpi-mimpi sedih memilukan, mimpi buruk (nightmares) bahkan berjalan dalam keadaan tidur (somnabulisme). Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengakibatkan kelelahan jantung yang berakibat fatal.

Sedangkan posisi terlentang akan baik bagi anda yang memiliki nyeri punggung namun memiliki kelemahan dalam alasan kesehatan, karena pada posisi ini akan menekan atau menyesakkan tulang punggung, bahkan kadangkala bisa menyebabkan kita ingin ke toilet untuk buang air kecil.
Posisi tidur terbaik menurut sains adalah pada sisi kanan tubuh (menghadap kekanan)karena dapat mengalirkan darah ke otak dengan sempurna mengingat posisi kepala lebih rendah dari jantung.

Sulit tidur atau tidur dengan kualitas yang buruk sering juga menjadi penyebab dan pendamping penyakit syaraf atau penyakit jiwa. Oleh sebab itu penting sekali untuk mendapatkan istirahat yang baik di malam hari. Sulit tidur bisa diatasi dengan suatu niat untuk tidur. Terdapat beberapa faktor yang membantu kita tidur, antara lain yaitu kebersihan tempat tidur, mandi air hangat, minuman hangat dsb.

Sementara waktu yang diperlukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, tidak ada ukuran waktu yang khusus, semua bergantung pada usia, jenis  pekerjaan dan temperamen setiap individu. Bayi dan anak-anak memerlukan tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Pada orang orang yang sudah berumur mereka sebenarnya lebih memerlukan istirahat daripada tidur yang sebenarnya. Selama berbaring mereka lebih banyak menggunakan waktu untuk mengubah-ubah posisi berbaringnya saja.

Orang yang bekerja dengan menggunakan otak/pikirannya memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Orang-orang yang lemah dan sakit-sakitan memerlukan lebih banyak tidur daripada orang sehat.
Walaupun begitu, rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa adalah delapan jam setiap malamnya. Waktu tidur yang kurang bisa membuat kelelahan berlebihan, washed out di hari-hari berikutnya. Dampak kelelahan itu, yang pada akhirnya membuat tubuh selalu ingin memanjakan diri dengan makanan berkadar gula tinggi dan meneguk minuman berkafein. Jika Anda perokok, biasanya Anda bakal merokok lebih banyak daripada biasanya.

Oleh karena itu, mulai saat ini, usahakanlah diri anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang membuat seseorang paling nyaman (dari segi posisi tidurnya) dan dapat membuatnya pulas sehingga saat bangun dia akan merasakan badannya lebih segar dan bugar untuk memulai aktivitasnya kembali.

No comments:

Post a Comment