Wednesday, June 8, 2011

Maksimal vs Optimal


Mungkin sering kita mendengar kata-kata, lakukanlah semaksimal mungkin yang kamu bisa tapi jarang sekali kita dengar, lakukanlan seoptimal mungkin yang kamu bisa.
Disini terdapat perbedaan persepsi antara maksimal dan optimal.

Perlu kita ketahui bersama makna dari kedua kata tersebut terlebih dahulu.
Maksimal, adalah kondisi tertinggi yang memungkinkan untuk dilakukan baik oleh seseorang atau sesuatu, tanpa mempertimbangkan kerusakan yang mungkin akan terjadi padanya.
sementara itu,
Optimal, adalah kondisi tertinggi yang mungkin untuk dilakukan seseorang / sesuatu tanpa merusak unsur yang ada padanya

Sebagai contoh, manusia dapat bekerja selama 24 jam tanpa istirahat jika melihat kondisi maksimal dan target yang ingin dicapai, tapi setelah bekerja 24 jam tanpa henti, dampak yang mungkin akan dirasakan adalah manusia tersebut akan jatuh sakit karena tidak lagi memiliki jam istirahat.

Sedangkan kondisi optimal adalah waktu bekerja yang masih memungkinkan manusia tersebut untuk beristirahat (baik fisik maupun pikiran) sehingga terjadi keseimbangan dalam tubuh yang membuatnya akan tetap bugar setelah melakukan aktivitas pekerjaannya tersebut.

Masih banyak contoh dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita lihat dengan kasat mata. Misalkan saja, mesin kendaraan. Kendaraan yang dipakai ‘non stop’ 24 jam akan berbeda keadaan mesinnya dengan kendaraan yang hanya dipakai kurang dari 24 jam.

Kendaraan yang dipakai kurang dari 24 jam sehari, masih memiliki sisa waktu untuk mendinginkan mesinnya, sementara yang 24 jam sehari, sudah tidak memiliki waktu lagi untuk mendinginkan mesinnya. Panas yang terjadi pada mesin kendaraan tersebut, mengakibatkan kondisi mesin cepat ‘aus’. Dan dalam hal waktu pemakaian, kendaraan yang dipakai ‘non stop’ 24 jam tentulah akan lebih pendek dibandingkan dengan kendaraan yang hanya dipakai kurang dari 24 jam sehari

Dari hal-hal yang telah disebutkan, dapat dilihat, apakah kondisi maksimal atau kondisi optimal kah yang sebenarnya perlu dilakukan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment